Sabtu, 10 Desember 2011

Kombinasi Flora dan Fauna dalam Akuarium


 
Membiarkan akuarium tanpa tanaman rasanya kurang sreg. Namun, memasukan tanaman kedalam akuarium laut banyak kendalanya. Paling tidak, perawatannya sangat rumit dan agak kompleks. Selain itu, kita tidak bisa sembarangan menanam flora air dalam akuarium air laut.
Jenis-jenis flora air laut yang biasa dimasukan kedalam akuarium antaralain rumput laut (seaweed) atau alga. Tanaman ini terdiri atas beberapa spesies yang tumbuh pada permukaan karang, batang semunya beruas-ruas. Tanaman ini melakukan pembiakan melalui pembelahan sel. Beberapa spesies rumput laut sebagai penghias akuarium sudah dibudidayakan secara komersial. Jenis tanaman itu diantaranya Penicillus, Ulva, dan Caulerpa.
Sel-sel rumput laut dianjurkan agar jenis dan jumlah (kepadatan populasi)rumput laut yang ditanam dalam akuarium dibatasi dan tidak memakai rumput laut yang perakarannya banyak.
Kehidupan rumput laut dan ikan dalam akuarium bisa membentuk simbiosis yang saling menguntungkan. Aktivitas fotosintesis rumput laut menghasilkan senyawa oksigen segar yang dibutuhkan untuk pernapasan ikan. Sebaliknya, kotoran ikan merupakam materi pembangun kehidupan dan pertumbuhan alga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar